Cara Melestarikan Batik Nusantara

Cara Melestarikan Batik Nusantara – Batik merupakan keajaiban yang tuhan sematkan pada Indonesia. Dengan batik, Bangsa Indonesia memiliki nama besar di pentas seni dan budaya yang diakui oleh dunia. Sebagai anak bangsa, tidak ada yang bisa dijadikan sebagai bentuk apresiasi selain melestarikannya supaya tetap ada di bumi tercinta.

Bangsa Indonesia memang gudangnya seni. Baik seni ritual atau adat istiadat, seni tari tarian, seni musik dan seni seni lainnya. Batik merupakan aset seni Indonesia yang ikut menjadi jati diri kebangsaan di mata dunia. Apalagi tidak bisa dipungkiri, sebagai negara berkembang Indonesia dianggap masih kalah dari negara adi kuasa sekelas Amerika dan Rusia. Namun, apakah tidak membanggakan jika negara super power ini mengakui eksistensi Indonesia dari seni batiknya yang fenomenal?

batik nusantara

Sejarah Batik Nusantara

Batik nusantara telah ada sejak ribuan tahun yang lalu ketika pemerintahan Indonesia masih berbentuk kerajaan kerajaan. Di masa itu, batik telah dikenal dan dilestarikan oleh para bangsawan keraton dan para keluarga raja. Berbagai macam batik dengan motif yang khas mulai menemukan jati dirinya. Namun, di kala itu progresifnya masih belum terasa. Karena masih sakral dan belum boleh di gunakan oleh sembarangan orang.

Baru setelah era post modern telah memasuki Indonesia, Ditandai dengan eksodus penjajah Belanda yang hendak menjajah tanah air, maka terjadilah miss kultural kesenian yang ikut dijajah oleh bangsa asing tersebut. Akhirnya pergerakan seni meluas dari awalnya milik keraton menjadi milik rakyat pribumi. Termasuk juga seni batik. Inilah cikal bakal batik nusantara yang saat ini benar benar mendunia.

Apa Sih Keistimewaan Batik Nusantara

Negara negara rumpun melayu biasanya memiliki batik dengan motif motif tersendiri. Seperti malaysia, singapura dan brunei Darussalam. Akan tetapi batik batik ini termasuk batik kontemporer dan bukan batik kuno. Sedangkan batik Indonesia merupakan batik peninggalan masa lampau yang tetap eksist sampai saat ini. Argumen ini sudah disahkan melalui penelitian UNESCO pasca terjadinya hubungan panas Indonesia dengan negara tetangga akibat klaim mengklaim batik. Dunia pun menjatuhkan pilihan kepada Indonesia sebagai Pemenang.

Batik Nusantara memiliki keistimewaan yang berbeda dibandingkan batik produksi negara lain. Keistimewaan keistimewaan inilah yang sejatinya tidak bisa ditiru oleh tangan tangan kreatif siapapun. Sebuah keajaiban yang hanya diturunkan untuk NKRI.

Ini dia keistimewaan Batik nusantara, yaitu :

  1. Penulisan gambar lebih halus
  2. Motif lebih banyak hingga ribuan motif
  3. Terdapat filosofi kedaerahan dan kebangsaan dari motif motifnya
  4. Setiap Kota memiliki Ciri khas batik yang berbeda beda
  5. Perpaduan warna lebih banyak dan lebih cerah tetapi tidak semrawut

Keistimewaan inilah yang menjadi pembeda antara batik nusantara dengan batik dari negara lain. Sebuah konsistensi yang juga diakui oleh dunia. Sebuah destinasi seni yang tentunya patut kita banggakan.

Batik Nusantara Harus Dilestarikan

Batik nusantara adalah aset negara. Keberadaannya di bumi pertiwi telah meningkatkan standart ekonomi masyarakat yang tidak boleh berhenti mengalir untuk selamanya. Demi ketentraman dan kemakmuran anak cucu kita, selayaknya budaya membatik mesti kita jaga sebaik mungkin.

Berikut ini kami berikan list cara menjaga dan melestarikan batik nusantara, yaitu :

  1. Cintai Batik sebagai aset bangsa bukan aset daerah
  2. Pakai Batik di setiap aktivitas anda
  3. Jadikan Bisnis batik berprogres tinggi baik untuk kebutuhan domestik ataupun di expor
  4. Pelajari seni membatik sejak dini
  5. Masukkan seni membatik sebagai muatan lokal di sekolah sekolah
  6. Sosialisasikan pentingnya menggunakan batik sebagai produk fashion dalam negeri.

Mari lestarikan batik sebagai tanda penghargaan kita telah dilahirkan di bumi yhang membanggakan ini. kalau bukan kita siapa lagi?

pingin beli Batik Nusantara, Disini Saja : https://tokobatik.id/

Silahkan hubungi kami di :

WA : 087729928943
HP : 0819099601747
Pin BB : 5C559FB2, 5B87172B

Tinggalkan komentar